A. PENGERTIAN
MUTU
Mutu adalah
totalitas dari wujud serta ciri dari suatu barang atau jasa, yang di dalamnya terkandung
sekaligus pengertian rasa aman atau pemenuhan kebutuhan para pengguna. Mutu
merujuk pada tingkat kesempurnaan dalam memberikan kepuasan pada pengguna
layanan.
Mutu pelayanan
kebidanan adalah yang menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kebidanan,
yang disatu pihak dapat menimbulkan
kepuasan pada setiap pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk,
serta di pihak lain tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan kode etik dan
standar pelayanan profesi kebidanan yang telah ditetapkan.
B. PENILAIAN MUTU PELAYANAN KEBIDANAN
Untuk melakukan
penilaian mutu pelayanan kebidanan dapat menggunakan indikator. Indikator adalah tolak ukur yang
menunjukkan tercapai tidaknya suatu standar pelayanan kesehatan, dan dapat
diukur dengan menggunakan suatu daftar tilik. Daftar tilik adalah suatu instrumen yang digunakan untuk mengukur
sampai seberapa jauh pelayanan sesuai atau tidak sesuai dengan standar yang
ditetapkan.
Ada cara penilaian mutu pelayanan
kebidanan :
1. Berdasarkan konsep siklus PDCA
Ø P = Plan
Yaitu merencanakan
perubahan atau pengujian (bernilai terbaik). Merencanakan perbaikan dan
pengumpulan data secara berkesinambungan:
o
Apa yang
diperbaiki?
o
Siapa yang
terlibat?
o
Kapan
dilaksanakan?
o
Dimana
dilaksanakan?
o
Bagaimana
caranya?
o
Ke arah mana
goalnya?
Ø D = Do
Yaitu melaksanakan
perubahan atau pengujian (sesuai standar terkini). Melaksanakan perubahan
berdasarkan rencana yang ditetapkan :
o
Siapa yang
melaksanakan perubahan?
o
Kapan
dilaksanakan perubahan?
o
Sarana apa
saja yang dibutuhkan?
o
Bagaimana
mekanisme pelaksanaan?
o
Lokasi mana
sebagai uji coba?
Ø C = Check
Yaitu mengamati
pengaruh perubahan (berdasarkan penelitian). Mengamati pengaruh perubahan :
o
Apa pelaksanaan
telah sesuai rencana?
o
Apakah
proses perubahan perlu perbaikan ditinjau dari klien?
o
Faktor apa
yang mendukung?
o
Faktor apa
yang menghambat?
o
Perubahan
dari sisi mutu pelayanan?
Ø A = Action
Yaitu bertindak
berdasarkan apa yang dipelajari. Bertindak berdasarkan hasil evaluasi dan
lanjutan perbaikan proses :
o
Melihat
hasil dari Check
o
Menetapkan
mekanisme perubahan
o
Menentukan
protap terkini
o
Menentukan
sasaran perubahan
o
Advokasi
perubahan
o
Penilaian
berkelanjutan
- Lihat
daftar tilik
- Lihat
sasaran penilaian
- Observasi
: dengan mengamati pada saat pelayanan atau uji kompetensi dengan model
atau phantom.
- Wawancara
: dengan diskusi, tanya jawab, cek pemahaman,dan sebagainya.
- Dokumen
: melihat rekam medik, register, buku catatan..
0 komentar:
Posting Komentar