Seberapa pentingnya mutu dalam pelayanan kebidanan masa kini?
Untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal, banyak syarat yang
harus dipenuhi, syarat yang dimaksud mencakup delapan hal pokok yaitu:
1. Tersedia (available),
2. Wajar (appropriate),
3. Berkesinambungan (continue),
4. Dapat diterima (acceptable),
5. Dapat dicapai (accesible),
6. Dapat dijangkau (affordable),
7. Efisien (efficient),
8. Bermutu (quality).
Untuk dapat
menyelenggarakan pelayanan kesehatan terlebih dalam hal pelayanan kebidanan yang
bermutu sesuai dengan delapan syarat yang telah ada tersebut banyak upaya untuk
meningkatkan mutu pelayanan kebidanan yang dapat dilakukan, jika upaya tersebut
dilaksanakan secara terarah dan terencana dikenal dengan nama program menjaga
mutu (Quality Assurance Program).
Karena
pentingnya suatu mutu pelayanan kesehatan terlebih dalam pelayanan kebidanan,
dan dengan semakin majunya ilmu dan teknologi kesehatan serta semakin baiknya
tingkat pendidikan serta keadaan sosial ekonomi pada masyarakat, tampak syarat
mutu pelayanan makin bertambah penting. Mudah dipahami karena apabila pelayanan
kebidanan yang bermutu dapat diselenggarakan dengan baik, bukan saja akan dapat
memperkecil timbulnya berbagai resiko, sekaligus juga akan dapat memenuhi
kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang semakin hari tampak semakin meningkat.
Mutu pelayanan hanya dapat diketahui apabila sebelumnya telah terlebih dahulu
dilakukan penilaian, baik terhadap tingkat kesempurnaan, sifat, totalitas dari
wujud serta ciri dan kepatuhan para penyelenggara pelayanan terhadap standar
yang telah ditetapkan.
Apabila
program menjaga mutu pelayanan kebidanan dapat dilaksanakan, banyak manfaat
yang akan diperoleh. Secara umum beberapa manfaat yang dimaksudkan adalah:
a. Dapat
lebih meningkatkan efektifitas pelayanan kebidanan.
b.
Dapat lebih meningkatkan efesiensi pelayanan kebidanan.
c.
Dapat lebih meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap pelayanan kebidanan.
d.
Dapat melindungi pelaksana pelayanan kebidanan dari kemungkinan munculnya
gugatan hukum.
Dengan
adanya manfaat-manfaat dari program menjaga mutu pelayanan kesehatan,
diharapkan banyak berbagai pihak dari pemberi pelayanan kesehatan yang berfokus
pada kebidanan (bidan) yang termotivasi untuk tetap memberikan pelayanan
kebidanan yang bermutu dengan tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan kode
etik dan standar pelayanan profesi kebidanan yang telah ditetapkan secara
optimal, agar dapat menimbulkan kepuasan
pada setiap pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk.
0 komentar:
Posting Komentar