Pages

Selasa, 12 Maret 2013

Seberapa pentingnya mutu dalam pelayanan kebidanan masa kini?


Seberapa pentingnya mutu dalam pelayanan kebidanan masa kini?
Untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal, banyak syarat yang harus dipenuhi, syarat yang dimaksud mencakup delapan hal pokok yaitu:
1.       Tersedia (available),
2.       Wajar (appropriate),
3.       Berkesinambungan (continue),
4.       Dapat diterima (acceptable),
5.       Dapat dicapai (accesible),
6.       Dapat dijangkau (affordable),
7.       Efisien (efficient),
8.       Bermutu (quality).

Untuk dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan terlebih dalam hal pelayanan kebidanan yang bermutu sesuai dengan delapan syarat yang telah ada tersebut banyak upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kebidanan yang dapat dilakukan, jika upaya tersebut dilaksanakan secara terarah dan terencana dikenal dengan nama program menjaga mutu (Quality Assurance Program).

Karena pentingnya suatu mutu pelayanan kesehatan terlebih dalam pelayanan kebidanan, dan dengan semakin majunya ilmu dan teknologi kesehatan serta semakin baiknya tingkat pendidikan serta keadaan sosial ekonomi pada masyarakat, tampak syarat mutu pelayanan makin bertambah penting. Mudah dipahami karena apabila pelayanan kebidanan yang bermutu dapat diselenggarakan dengan baik, bukan saja akan dapat memperkecil timbulnya berbagai resiko, sekaligus juga akan dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang semakin hari tampak semakin meningkat. Mutu pelayanan hanya dapat diketahui apabila sebelumnya telah terlebih dahulu dilakukan penilaian, baik terhadap tingkat kesempurnaan, sifat, totalitas dari wujud serta ciri dan kepatuhan para penyelenggara pelayanan terhadap standar yang telah ditetapkan.

Apabila program menjaga mutu pelayanan kebidanan dapat dilaksanakan, banyak manfaat yang akan diperoleh. Secara umum beberapa manfaat yang dimaksudkan adalah:
a. Dapat lebih meningkatkan efektifitas pelayanan kebidanan.
b. Dapat lebih meningkatkan efesiensi pelayanan kebidanan.
c. Dapat lebih meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap pelayanan kebidanan.
d. Dapat melindungi pelaksana pelayanan kebidanan dari kemungkinan munculnya gugatan hukum.

Dengan adanya manfaat-manfaat dari program menjaga mutu pelayanan kesehatan, diharapkan banyak berbagai pihak dari pemberi pelayanan kesehatan yang berfokus pada kebidanan (bidan) yang termotivasi untuk tetap memberikan pelayanan kebidanan yang bermutu dengan tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan profesi kebidanan yang telah ditetapkan secara optimal, agar dapat  menimbulkan kepuasan pada setiap pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk.

0 komentar:

Posting Komentar